Senin, 18 Maret 2013

Resensi Buku~



Hasil resensi buku yang pernah aku buat nih ;)
TUGAS BAHASA INDONESIA
MERESENSI BUKU PENGETAHUAN

Nama   : Ria Puji Lestari
Kelas   : IX-8
SMPN 3 BANDUNG

Judul                : Mendidik Anak Perempuan
Penulis                        : Abdul Mun’im Ibrahim
Penerbit           : GEMA INSANI
Cetakan           : Ketiga
Kota terbit       : Jakarta
Nomor ISBN     : 979-561-999-3
Tahun terbit    : 1428 H/Oktober 2007 M
Tebal buku      : xviii + 314 halaman

                Msasalah pendidikan, memang masalah yang tidak lekang oleh waktu dan sangatlah penting untuk dibahas. Topik pendidikannya pun saat ini paling urgen dan penting, terutama mendidik anak perempuan. Oleh karena itu, sangatlah perlu bila kita mengetahui bagaimana seharusnya mendidik putra-putri kita. Menurut Abdul Mun’im Ibahim, ada tujuh alasan mengapa perlu meyusun buku ini. Salah satu alasannya adalah banyaknya kerusakan di kalangan anak-anak perempuan di sekolah, institut, dan perguruan tinggi, bahkan di jalan-jalan, mal-mal, dan media transportasi massal. Jadi sudah seharusnya kita peduli dengan pendidikan putra-putri kita dan memberikannya yang terbaik.
            Dalam upaya tersebut, penulis buku yang berjudul “Mendidik Anak Perempuan” ini memaparkan secara menyeluruh tentang kewajiban dan cara-cara dalam mendidik anak, terutama anak perempuan. Beberapa pokok bahasan yang dipaparkan, diantaranya Bersikap Adil pada Anak Laki-laki maupun perempuan, Mendo’akan Anak dan Dampak Positifnya terhadap Pendidikan Anak, Mengambil Langkah-langkah Preventif Guna Mencegah Terjadinya Hal-hal yang tidak Diinginkan Kepada Diri Anak, Tata krama Makan dan Minum, Mendidik Anak dengan Memukul, dan masih banyak lagi. Dalam hal ini, orang tua sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak-anaknya.
Tampilan buku karya Abdul Mun’im Ibrahim ini bagus dan menarik, isi buku lengkap dan dijelaskan dengan sangat rinci disertai hadist-hadist yang kental dengan nilai-nilai agama sehingga pembaca lebih mengerti dan memahami buku ini. Selain itu, sampul depan buku ini memikat perhatian pembaca dengan menggunakan hard cover sehingga halamannya tidak mudah lepas. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami karena penulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Meskipun banyak terdapat istilah bahasa Arab, tetapi penulis melengkapi istilah-istilah tersebut beserta terjemahan dan penjelasannya. Di samping itu, organisasi buku ini sangat sistematis karena dilengkapi pengetahuan dasar balig dan batasannya sebelum membahas subpokok bahasan. Sayangnya, penulis tidak menyertakan biografinya sehingga pembaca tidak mengetahui latar belakang pengetahuan dan kreaifitas penulis.
Buku yang berjudul asli “Tarbiyyatul Banaat Fil Islaam” ini layak dibaca karena sangat berguna sekali dalam perkembangan anak. Dengan membaca buku ini, orang tua dapat membantu anak berkembang lebih baik lagi sehingga dapat menjadi generasi yang berguna bagi dunia dan akhirat. Selain itu materi-materinya bisa dijadikan alternatif dalam pemecahan masalah anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar